6 Makanan Pencegah Kebotakan



Saat ini kebotakan menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Memang, kebotakan tidak mengindikasikan gangguan kesehatan. Hanya saja, secara psikologis kepercayaan diri seseorang akan menurun jika kepalanya mengalami kebotakan.

Nah, jika Anda tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia yang belum terbukti kemanjurannya, saya sarankan mulailah membangun gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, dll. Selain itu, ternyata asupan makanan tertentu juga dapat membantu pencegahan terjadinya kebotakan. Makanan apa sajakah itu?

1. Wortel

Mengapa wortel? Kandungan vitamin A dan betakaroten yang terkandung pada wortel ternyata dapat merangsang kulit kepala untuk menghasilkan cairan bernama sebum. Sebum ini nantinya akan merangsang rambut untuk tumbuh.

2. Ikan

Mengapa ikan? Kandungan omega 3 dan protein yang tinggi pada ikan ternyata dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Dengan begitu, kebotakan pun dapat dicegah.

3. Kacang

Mengapa kacang? Sama seperti ikan, kacang mengandung banyak protein yang dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Dengan begitu, kebotakan pun dapat dicegah.

4. Bayam

Mengapa bayam? Bayam ternyata mengandung zat besi, vitamin B, dan omega 3 meskipun kadarnya tidak sebanyak ikan. Namun tetap saja apabila kita rajin mengonsumsi bayam, zat-zat yang terkandung tersebut bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

5. Telur

Mengapa telur? Tentunya karena telur banyak mengandung omega 3 dan protein sehingga dapat memperkuat akar rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

6. Susu

Mengapa susu? Susu ternyata memiliki manfaat yang sama dengan wortel, yakni merangsang kulit kepala untuk menghasilkan cairan sebum. Cairan sebum ini akan membantu pertumbuhan rambut.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya kebotakan. Intinya, untuk mencegah kebotakan, kita harus rajin berolahraga dan memantau asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat!

Komentar