membangun komputer murah untuk recording


Merupakan lanjutan dari postingan saya yang terdahulu tentang alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun studio rekaman kecil-kecilan. Pada kesempatan yang berharga ini saya akan membahas spesifikasi minimum komputer yang diperlukan agar bisa digunakan untuk rekaman. Langsung saja berikut spesifikasinya:


-Processor


Sebaiknya gunakan processor bermerk AMD. Bukan bermaksud promo, tetapi AMD cukup murah, mudah di overclock, dan kualitasnya cukup menjanjikan.  Beli yang bekas pun tak masalah. Lumayan untuk menekan biaya pengeluaran. Apabila anda punya uang yang banyak, silahkan beli processor yang bermerk intel. Namun alangkah baiknya anda membangun komputer tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, karena masih banyak alat-alat yang harus anda beli untuk kepentingan rekaman.

-Harddisk


Usahakan untuk tidak menggunakan harddisk bekas. Karena harddisk bekas tidak menjamin keselamatan data anda. Bayangkan saja apabila anda sedang dalam proyek membuat lagu, ketika hendak take vokal tiba-tiba semua data instrumen anda hilang. Sedih bukan? Maka dari itu usahakan beli harddisk yang baru. Tidak usah beli yang kapasitasnya besar, tidak usah beli yang kecepatannya tinggi, yang penting pas untuk saku anda dan tidak terlalu mencekik leher. Masalah latency? Nanti saya akan bahas bagaimana mengatasi hal itu. Maka dari itu stay up to date ya !

-RAM


Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. RAM 1 GB pun sudah memadai untuk membangun sebuah komputer rekaman. Soal harga? Nah,jangan tanya pada saya. Masalahnya harga RAM itu berganti terus setiap bulannya dan terkadang merk juga menentukan harga. Pilih saja sesuka hati anda, yang penting pas untuk dompet anda.

-Motherboard + PSU


Beli saja yang semurah mungkin, yang penting cocok untuk hardware-hardware lain yang telah anda beli.

-Mouse


Gunakan mouse yang tidak bandel (sering macet, sering mati, dll) . yang penting nyaman dan lancar untuk dipakai.

-Keyboard


Gunakan keyboard yang nyaman. Karena alat inilah yang akan menemani anda beraktivitas.

-Monitor


Gunakan monitor LED yang radiasinya kecil. Sehingga mata anda tidak mudah rusak. Selain itu penggunaan monitor tabung ternyata terbukti dapat memperburuk suara hasil rekaman.

-Soundcard


Tidak usah repot-repot menabung berbulan-bulan hanya untuk membeli soundcard yang bagus. Gunakan saja soundcard onboard. Itu sudah lebih dari cukup untuk menampung karya-karya anda.

-DVD RW


Sebenarnya anda tidak perlu mahal mahal membeli DVD RW, hanya dengan CD RW bekas pun sudah memadai untuk mempromosikan berbagai karya anda.

-Speaker + mic


Saya sarankan tidak usah, gunakan saja headset yang ada mic nya. Harganya hanya 30 ribu-an.


Bagaimana? Dengan spesifikasi yang "sangat" minim di atas anda bisa meminimalkan  biaya yang harus dikeluarkan. Saya sarankan anda jangan membeli komputer yang sudah jadi. Lebih baik beli saja hardwarenya satu persatu, lalu rakit sendiri. Itu adalah salah satu cara untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan. Apabila sudah balik modal, anda bisa meng-upgrade  hardware anda satu persatu.

Anda tidak tertarik membeli komputer? Beli saja laptop,netbook,iPad,iPhone,PC tablet, atau device apapun yang jauh lebih praktis dan ringkas. Saya yakin hampir semua perangkat bisa digunakan untuk rekaman musik.

note : saya tidak menyarankan komputer dengan spesifikasi di atas jika anda ingin membuat sebuah studio rekaman besar. spesifikasi diatas diperuntukkan untuk orang-orang biasa yang ingin membangun studio rekaman kecil-kecilan di kamarnya.
Selamat membangun komputer  :))

2 comments:

  1. Thanks sayoga blog mu bikin org lebih termotivasi,. Maju terus bro :)

    ReplyDelete
  2. @steve faith: Terimakasih :) Salam kenal :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.