7 Penyebab Rambut Rontok



Banyak orang mengeluh karena hal yang sepele, rambut rontok. Rasa khawatirpun muncul ketika jumlah rambut rontok bertambah terus disetiap harinya. Apakah kerontokan rambut tersebut merupakan gejala penyakit serius? Banyak mitos yang beredar di masyarakat yang mengatakan kalau rambut rontok memang menjadi pertanda akan adanya penyakit serius di beberapa puluh tahun yang akan datang. Pada kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan yang lebih mendetail agar anda tidak terjebak oleh mitos – mitos tersebut.

Sebenarnya rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak faktor :

1. Perawatan Rambut

Jika anda mengalami kerontokan pada rambut yang berlebih, mungkin besar kemungkinan hal tersebut terjadi karena anda sering pergi ke salon untuk 'mengutak – atik' rambut anda. Mungkin karena anda terlalu sering berganti – ganti gaya rambut, atau mungkin terlalu sering mengecat rambut. Berhati – hatilah karena hal tersebut bisa memicu kerontokan pada rambut anda.

2. Shampoo yang tidak cocok

Kemungkinan yang kedua adalah anda menggunakan shampoo yang tidak cocok dengan kulit kepala dan rambut anda sehingga menimbulkan kulit kepala kering, berketombe, gatal – gatal, dan rambut mudah rontok.

3. Hormon

Ya, perubahan hormon juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab rontoknya rambut. Biasanya semakin dewasa seseorang, semakin banyak rambut yang rontok perharinya.

4. Stress

Saya agak kurang yakin dengan poin yang satu ini, namun setelah saya telaah lebih dalam lagi ternyata stress memang benar – benar salah satu faktor pemicu terjadinya kerontokan rambut. Ketika stress, maka akan terjadi perubahan struktur rambut menjadi lebih lemah dan mudah rontok.

5. Kurang Nutrisi

Kemungkinan yang berikutnya adalah kurangnya nutrisi semacam vitamin, mineral, dll. Kontrol makanan anda, pastikan anda tidak terlalu banyak makan junkfood. Sebaliknya, anda harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan yang kaya akan gizi. 

6. Keturunan

Ternyata kerontokan rambut bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan atau faktor gen. Mungkin saja orangtua anda rambutnya tipis sehingga mudah rontok. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan anda akan menderita kerontokan yang sama parahnya.

7. Sakit

Nah, ini adalah kemungkinan yang terakhir. Kemungkinan mitos yang beredar itu benar. Mungkin saja anda menderita sakit sehingga rambut anda menipis dan mudah rontok.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini. Di artikel berikutnya saya akan memberikan tips – tips mengatasi rambut rontok. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.