7 Tips Jalan Kaki Jarak Jauh



Teman – teman saya banyak yang tidak percaya kalau saya berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 Km per hari. Ya, setiap pulang sekolah saya berjalan kaki hingga ke rumah. Jika Anda tidak percaya, silakan saja mata – matai saya setiap hari ... hehehe.

Memang, kaki saya tergolong kurus. Tetapi kurusnya kaki saya itu tidak membuat otot – otot di kaki saya lemah. Saya tetap mampu berjalan jauh dengan medan yang bisa dibilang cukup menantang. Banyak medan menanjak yang harus saya lewati. Lantas mengapa saya mampu berjalan jauh? Ya tentunya karena saya sudah terbiasa. Kaki saya sudah terlatih untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan medan menantang.

Pertanyaan dari teman saya pun mulai bermunculan,

" Adakah tips – tips berjalan kaki jarak jauh agar tidak terasa melelahkan? "

Tentunya ada, akan saya beberkan pada artikel kali ini. Berikut beberapa tips berjalan kaki jarak jauh ala sayogand :

1. Awali dengan Santai

Jangan terlalu bersemangat di awal – awal perjalanan. Awali perjalanan Anda dengan berjalan santai. Atur tempo langkah kaki Anda agar kecepatannya terus bertambah di sepanjang perjalanan. Namun ingat, Anda jangan berjalan terlalu cepat karena nantinya kaki Anda akan cepat pegal. Lalu jangan berjalan terlalu lambat juga karena Anda akan lebih lama sampai di tempat tujuan. Intinya utamakan kestabilan langkah kaki anda di sepanjang perjalanan.

2. Rutin

Biasakan jalan kaki dengan rutin agar otot – otot di kaki Anda semakin kuat untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Ini adalah salah satu tips paling ampuh agar Anda mampu berjalan kaki dengan jarak yang jauh dan dengan medan yang rumit.

3. Tegakkan Tubuh

Tegakkan tubuh Anda saat berjalan. Jika Anda terlalu membungkuk ke depan atau mungkin terlalu membungkuk ke belakang, maka beban yang diterima sendi – sendi di kaki Anda semakin besar. Hal tersebut dapat memicu timbulnya rasa ngilu di pergelangan kaki atau di lutut Anda saat digerakkan.

4. Pilih Jalan yang Bebas Polusi

Hindari lintasan jalan raya atau jalan – jalan yang penuh dengan asap dan polusi. Zat karbon monoksida yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor dapat menyebabkan rasa sesak pada Anda. Rasa sesak tersebut dapat menyebabkan Anda tidak bisa menikmati perjalanan Anda.

5. Jangan Memaksakan Diri

Jika di tengah – tengah perjalanan Anda merasa lelah atau mungkin merasakan sakit pada kaki Anda, maka segeralah mencari tempat peristirahatan. Jangan memaksakan diri karena berisiko pada kesehatan kaki Anda.

6. Lakukan Pemanasan

Jika Anda tidak terbiasa berjalan jauh, lantas apa salahnya melakukan pemanasan terlebih dahulu? Sedikit peregangan dapat membuat otot – otot kaki Anda lebih kuat untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

7. Minum Air

Ini adalah tips terakhir. Kebetulan sekali tips yang terakhir ini tidak saya lakukan di sepanjang perjalanan, hanya saja setelah berjalan kaki sekian jauhnya barulah saya minum banyak air. Namun alangkah baiknya jangan tiru kebiasaan saya. Minumlah air sedikit demi sedikit di sepanjang perjalanan. Tentunya agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

 

Semoga bermanfaat!

Komentar

  1. Sebaiknya tidak mambawa beban yang terlalu berat! Hehe
    Mulai SD hingga SMA saya terbisa pulang sekolah dengan jalan kaki. Kuliah ini rencananya mau di biasakan lagi jalan kaki (+7Km), doakan saya berhasil :)!

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)