Tips Menghadapi Kebakaran



Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis artikel yang berjudul 'Tips Mencegah Kebakaran di Rumah'. Nah, pertanyaan baru akan muncul, " Bagaimana jika kebakarannya sudah terlanjur terjadi? "

Yah, saya yakin anda punya naluri yang akan menuntun anda saat kebakaran terjadi di rumah anda. Namun pada artikel kali ini saya hanya ingin memberi sedikit tips agar anda tidak terlalu 'gelagapan' saat kebakaran terjadi :

1. Simpan Handphone di Dekat Anda saat Anda Tertidur

Sebelum anda terlelap, pastikan ada alat komunikasi semacam handphone di dekat anda. Jadi jika saja anda terjebak dalam ruangan penuh api, anda bisa langsung mengambil handphone dan menghubungi kerabat terdekat atau pemadam kebakaran untuk meminta bantuan.

2. Merangkaklah

Jika anda sedang terjebak dalam ruangan penuh api dan berniat untuk mencari pintu keluar, maka anda harus merangkak atau tiarap. Kenapa? Karena saat kebakaran banyak asap yang bisa jadi racun bagi tubuh kita. Semakin banyak asap yang anda hirup maka anda akan semakin lemas atau bahkan berisiko pingsan. Atau anda juga bisa menggunakan masker untuk mencegah agar asap tidak terhirup terlalu banyak.

3. Utamakan keselamatan diri anda, keluarga anda, dan barang – barang berharga anda

Jika anda memiliki kesempatan untuk menyelamatkan barang berharga anda, maka selamatkanlah. Namun jika api sudah cukup besar, maka utamakanlah keselamatan orang – orang yang ada di dalam rumah. Namun jika api sudah sangat besar, utamakan keselamatan diri anda sendiri.

4. Cepat Matikan Sumber Listrik

Jika ada kesempatan untuk mematikan sumber listrik, maka segera matikan. Karena jika api sudah menyambar sumber listrik maka api tersebut akan membesar dan memperparah keadaan.

5. Lihat ke Atas

Selali lihat ke atas, siapa tahu ada batang besi atau batang kayu yang sudah patah dan hendak jatuh. Hindarilah, jangan sampai anda tertimpa reruntuhan besi atau kayu. Jika hal itu terjadi kemungkinan anda akan langsung pingsan.

 

Baiklah, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips menghadapi kebakaran. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.