Mengenal Jenis-Jenis Teleskop (3): Teleskop Reflektor

Penulis: Arief Rizqianto A
2. Teleskop Reflektor (Teleskop Pantul)


Teleskop reflektor – Credit: celestron.com

Sumber Inspirasi - Apabila anda ingin mengamati deep sky objects seperti galaksi atau nebula, maka Teleskop Reflektor adalah instrumen yang tepat untuk anda. 

Sama seperti namanya, teleskop ini memantulkan cahaya dari objek langit dengan bantuan cermin lengkung yang ada di dalamnya lalu diteruskan oleh lensa okuler sebelum cahaya tersebut sampai di mata anda. 

Desain teleskop ini memungkinkan untuk pengembangan diameter yang lebih besar sehingga ia mampu mengumpulkan cahaya lebih banyak dibandingkan dengan teleskop refraktor dan membuatnya baik digunakan untuk mengamati objek langit yang lebih jauh dan lebih redup seperti galaksi dan nebula. 

Teleskop ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan teleskop refraktor karena dia menggunakan cermin yang harganya relatif lebih murah produksinya daripada lensa pada teleskop refraktor yang jauh lebih mahal produksinya.

Namun teleskop ini memiliki kekurangan yaitu perawatan yang lebih sering daripada teleskop refraktor. Hal tersebut diakibatkan karena terdapat cermin di dalam tabung teleskop reflektor yang dapat berubah bentuk karena pemuaian atau penyusutan akibat suhu yang berubah – ubah seiring berjalannya waktu.

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.