12 Tips Menghadapi Anak Hiperaktif (3)



7. Pastikan anak Anda tidak mengonsumsi makanan manis berlebihan

Makanan manis disukai anak-anak karena gula merupakan sumber energi yang cukup tinggi bagi tubuh kita. Sehingga, wajar saja apabila anak-anak sering menjadi lebih energik usai mengonsumsi makanan manis.

Namun jika Anda memiliki anak hiperaktif, makanan manis justru harus dihindari karena dapat menyebabkan tingkah lakunya menjadi terlalu energik bahkan bisa jadi membahayakan orang-orang di sekitarnya.

8. Pastikan anak Anda bahagia

Ingat, hiperaktif ataupun tidak, anak-anak memiliki hak untuk berbahagia. Jangan terlalu mengekang anak hiperaktif dengan cara mengurungnya di kamar. Jangan pula terlalu membebaskan anak hiperaktif bergaul dengan siapa saja. Pastikan anak Anda mendapatkan kadar bermain yang cukup agar tingkat kebahagiaannya sama seperti anak-anak seusianya.

9. Ajak jalan-jalan

Sesering mungkin, ajak anak Anda berjalan-jalan. Anak Anda akan melihat bagaimana cara Anda bersosial dengan orang lain, lalu berupaya menirunya. Tidak hanya itu, mengajak anak hiperaktif berjalan-jalan sembari mengajaknya bicara juga dapat membantu mengembangkan kemampuannya berkomunikasi.





10. Ajak baca buku

Sebelum tidur, dongengkan anak Anda sebuah cerita dari buku. Hal ini berguna untuk meningkatkan daya tarik anak Anda terhadap buku. Dengan memperkenalkan buku sejak dini, perlahan-lahan anak Anda pun akan tumbuh menjadi seseorang yang mencintai buku.

11. Awasi dari bahaya!

Hal ini tentu jadi salah satu poin penting dalam mendidik anak hiperaktif. Pastikan anak Anda tidak menyentuh barang-barang seperti korek api, pisau, atau barang-barang berbahaya lainnya. Pastikan pula tingkah laku anak Anda jauh dari kebiasaan anak-anak nakal.




12. Awasi tontonannya

Meski sulit berkomunikasi,anak hiperaktif bisa terhipnotis oleh tontonan yang sering ia simak di televisi maupun di internet. Sehingga pastikan anak Anda tidak menyaksikan acara kekerasan atau tontonan-tontonan berbahaya lainnya di televisi. Kalau perlu, dampingi anak Anda ketika sedang menonton televisi.









Itulah 12 tips mendidik anak hiperaktif. Ingat, jika Anda mau berupaya lebih, anak hiperaktif justru akan tumbuh lebih baik ketimbang orang-orang biasa. Semoga menginspirasi, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.