Alat alat yang dibutuhkan untuk membangun studio rekaman


Bagi anda yang mau membuat studio di rumah,hanya ada 1 pilihan... baca posting ini dan terus up to date di www.sayogand.blogspot.com   Ok deh,langsung saja kita mulai pengenalan alat-alat yang dibutuhkan :

1.Komputer


Ya jelas,rasanya pincang apabila anda punya banyak alat musik tapi tidak punya komputer. Disinilah anda akan melakukan berbagai hal. Anda bisa  menggunakan komputer,laptop,netbook,iPad,Tablet PC atau bahkan iPhone.Bagi anda yang belum tau cara menggunakan komputer atau belum tahu cara rekaman di komputer,saya akan memberitahunya....jadi,stay up to date aja ya 

2.Gitar (elektrik)


Gitar adalah hal yang paling vital dalam suatu harmonisasi alat musik. Tak usah membeli yang mahal-mahal. Yang mahal belum tentu pas untuk anda. Carilah yang “pas” dengan karakter anda. Apabila anda pemain rock,maka belilah gitar yang mengutamakan gaya. Apabila anda pemain jazz atau pop utamakan suara yang dihasilkan gitar. Silahkan anda tinggal pilih saja

3.Gitar (akustik)


Gitar akustik juga penting lho,lumayan buat fill in lagu. Supaya kreativitas semakin terlatih

4.Piano


Anda bisa membeli piano atau keyboard. Saya sarankan keyboard saja karena efeknya banyak dan bisa melatih kreativitas.

5.Bass


Sudah punya piano,gitar,gitar akustik,tinggal tambah bass agar suara harmonisasi lebih tebal dan lebih berisi hasil rekamannya.

6. Soundcard


Untuk pemula,belilah sound card yang murah dulu. Atau kalau mau gunakan sound card on board dulu. Apabila sudah mahir,baru beli soundcard yang profesional.

7.Microphone


Nah,kalau yang ini adalah benda vital buat vokalis. Bahkan pertama kali saya belajar rekaman,saya merekam suara saya menggunakan microphone dari headset yang 20 ribuan  :D  dan hasilnya,cukup memuaskan. Ingatlah bahwa semua tergantung kreativitas anda,bukan karena alat yang mahal.

8.Drum


Ini adalah yang paling opsional karena memakan biaya yang luar biasa. Apabila tidak mampu tidak usah dibeli. Mahal. Saya akan beri tahu cara murah merekam suara drum , tapi nanti  :D

9.Jack Audio Converter


Bagaimana cara mengkoneksikan alat musik ke komputer ? Tanya pada rekan rekan anda yang jago audio. Atau tanyakan ke toko audio. Nama alatnya adalah jack audio converter. Saya tidak bisa memberitahu secara spesifik,karena saya juga pemula :D

10.Flashdisk


Tidak punya alat apapun? Tidak bisa bermain musik? Tidak punya uang untuk berbelanja semua alat mahal di atas? Belilah flashdisk. Ya...Cukup flashdisk saja. Tanpa komputer dan tanpa alat musik. Di waktu yang akan datang saya akan beritahu cara merubah flashdisk menjadi sebuah studio rekaman profesional.


Hanya itu yang saya bisa bagikan kepada anda. Mohon maaf kalau bahasanya begitu tidak profesional,maklum masih pemula. Ya...tapi kita ada disini untuk berdiskusi....have fun Sahabat Inspiratif !

Komentar

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)