Prinsip Anak Band yang Salah



1. ” Nggak ngerokok, bukan anak band ”

Ini prinsip bodoh yang merusak anak bangsa. Merokok bukan hal yang baik untuk kesehatan. Lagipula tidak ada fakta yang jelas kalau merokok berarti keren.

2.  “ Jadi anak band harus tampil keren!”

Lho? Prinsip apa ini? Saya bahkan geleng – geleng kepala saat mendengar salah satu teman saya mengatakan hal ini. Kata siapa jadi anak band harus tampil keren? Bahkan saya sangat sering perform hanya menggunakan kaos oblong dan celana jeans biasa. Dan saat perform saya sangat sering duduk di kursi. Sekalipun berdiri ya tidak terlalu banyak gaya. Sebenarnya jadi anak band tidak harus tampil keren, yang penting sopan dan tidak terlihat seperti gelandangan.

3. “ Genre makin ngebeat, berarti makin professional ”

Ini juga hal bodoh. Beberapa orang terus saja melatih tangan mereka supaya disebut “hebat” atau “ber-skill”. Padahal musisi yang hebat adalah musisi yang mampu berkarya dengan baik sesuai selera pasar. Skill tidak menentukan kok.

4.  “ Genre band gue paling keren ”

Pernyataan ini bisa saja dikatakan anak band yang terlalu fanatik terhadap suatu genre. “ Sekali rock tetap ROCK! ” atau mungkin “ Aku cinta Reggae sampai mati! ”. Apa apaan ini? Ingin jadi musisi professional kok diam di satu genre? Kalau ingin disebut musisi, berkaryalah dengan warna musik yang berbeda di setiap lagunya. Dengan begitu anda akan mengetahui apa makna musik yang sebenarnya.

5. “ Kita terinspirasi band **** jadi kita bawain lagu - lagu mereka ”

Jadi, kalau begitu, dimana kreativitasnya dong? Kalau hanya meniru saja saya rasa musisi amatiran pun juga bisa. Lagipula kalau terlalu banyak meniru, maka kreativitas kita akan terhambat.


Jadi bagi kalian anak band, mulailah untuk tidak berprinsip seperti itu lagi ya. Semoga bermanfaat :)

Komentar