Tips Mempertahankan Pelanggan



Salah satu tantangan pebisnis adalah mampu mencari pelanggan yang sebanyak-banyaknya. Tapi disamping itu Anda juga harus berpikir bagaimana caranya agar pelanggan Anda ingin selalu kembali, kembali, dan kembali membeli produk Anda.

Sebenarnya mana yang lebih penting, mencari pelanggan baru sebanyak-banyaknya atau mempertahankan pelanggan lama? Menurut saya keduanya sangatlah penting.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar pelanggan Anda terus menerus ingin membeli produk Anda. Baiklah, berikut beberapa tipsnya:

1. Tingkatkan Kualitas

Siapa yang tidak betah dengan barang berkualitas? Saya yakin, semua orang pasti menyukai barang berkualitas. Oleh karena itu, agar para pelanggan Anda mau membeli produk Anda, maka Anda harus mampu menciptakan produk berkualitas yang membuat pelanggan ingin membeli barang itu lagi, lagi dan lagi. Jika Anda berbisnis dengan hal yang berbau jasa (Contoh: Jasa pengiriman barang, jasa pemasangan iklan, dll), Anda bisa mencoba untuk meningkatkan kualitas pelayanan Anda. Intinya buatlah para pelanggan Anda merasa nyaman.

2. Dengarkan Kritikan

Anda harus open-minded alias mau menerima sanggahan dan kritikan sebagai bahan motivasi. Terkadang saran dan kritikan dari pelanggan memicu kita untuk melakukan perubahan dan berinovasi, entah itu dari segi pelayanan, promosi, maupun kualitas barang. Maka dari itu, jadilah pendengar yang baik!

 

Baiklah, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini mengenai tips mempertahankan pelanggan. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar