Bagaimana Cara Menghadapi Guru yang Membenci Kita?

Sumber gambar: yangmeixia.wordpress.com


Penanya:

“Saya punya permasalahan kak, ada orang yang membenci saya, tetapi saya tidak mungkin menjauhi orang tersebut, karena orang itu adalah guru saya sendiri. saya akan ketemu dia pada pelajaran lintas minat dan walaupun jika nilai lintas minat saya itu tidak tuntas pada rapot, saya masih bisa naik kelas. Hanya saja tidak mungkin kan kalo saya tidak pernah masuk pelajaran tersebut dalam waktu 1 semester. yang ada saya dikeluarkan dari sekolah.”

Jawaban:

Halo, terimakasih atas pertanyaannya. Menarik sekali untuk kita bahas bersama.

Permasalahan di usia remaja mengenai kehidupan sekolah memang cukup tinggi karena ketidaktahuan anak-anak dan remaja mengenai cara menghadapi orang lain dengan benar. Selain itu, adapula penyebab lainnya adalah karena remaja masih belum stabil dalam mengelola emosi. Oleh karena itu, tips pertama dari saya adalah dekati orang yang pemikirannya lebih dewasa. Orang yang pemikirannya dewasa memiliki kemampuan mengelola emosi yang baik sehingga mereka pasti mampu membimbing Anda agar tidak salah bertindak.

Berikutnya,

Seperti apa yang sudah saya jabarkan sebelumnya, Anda harus berhati-hati. Seorang siswa yang sudah “dicap”menyebalkan oleh guru, butuh upaya lebih untuk mengembalikan citranya. Seperti seorang artis yang citranya jatuh, Anda harus muncul ke permukaan sebagai manusia yang berkualitas dan menonjol, tidak ada cara lain. Jika tidak seperti itu, Anda akan terus tenggelam.

Lalu,

Ingat, Anda tidak selamanya benar dan guru Anda tidak selamanya salah. Telaah apa penyebab guru tersebut membenci Anda dan bersegeralah memperbaiki diri. Setiap guru ingin diperlakukan berbeda. Apa yang Anda lakukan bisa jadi biasa saja bagi guru A, tetapi menyebalkan bagi guru B. So, perlakukan setiap guru dengan cara yang berbeda, sesuai dengan keinginan mereka.

Kemudian,

Ini tips yang paling sederhana, senyum. Berikan senyuman setiap hari, setiap Anda berpapasan dengan guru yang membenci Anda itu. Senyum akan melahirkan kelembutan hati bagi yang menerimanya.

Anda akan menemui guru tersebut di lintas peminatan nanti. Berarti Anda masih punya waktu untuk memperbaiki diri. Manfaatkan waktu sebaik mungkin. Tanpa perlu menjauhi guru tersebut, jadilah murid yang menonjol karena berkualitas, Anda akan mendapatkan apa yang Anda harapkan.


Demikian saran saya. Mohon maaf kalau bahasanya terlalu kaku, masalahnya saya tidak tahu berapa usia Anda, remaja awal atau remaja akhir :D

Bila ada yang ingin bertanya juga, silakan hubungi saya dengan cara mention ke akun twitter saya @sayogand atau kirim email ke sayogand[at]gmail.com. Jangan lupa sertakan nama (apabila tidak mau dipublikasikan, nama Anda tidak akan saya publikasikan), jenis kelamin, dan usia.

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar

  1. kak, aku kan sakit tetapi ayah saya gamau izin ke guru dan guru itu menganggap saya bolos. lalu guru itu kesal dengan saya kata temanku lalu bagaimana saya menghadapinya ketika saya masuk sekolah?

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mengatasi kawan yang sering membully Kita dan mereka menjadi baik dengan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut pengalaman gw waktu SMP ya.. kalo lu di nakalin lu pura2 ketawa aja walaupun sakit sih, terus lu bantuin si pembully yang lu bisa bantu, Lo harus ndeketin si pembully, kalo Lo dan si pembully udah merasa baik2 aja, Lo bisa ngajak si pembully main kerumahnya Lo , kaya main bareng/wifian dan kalo bisa lo ajak makan bareng dirumah lo,emang butuh proses lama tapi gw yakin lama2 lu nggak bakal di bully lagi tapi lu malah bakal temenan sama si pembully gw ngetik panjang gini karena gw udah pernah ngalamin sendiri dan gw sekarang udah kuliah, and good luck bro ��

      Hapus
    2. yup, saya setuju ... ketawa aja walau rasanya sakit ... terkadang kita sakit hati bukan karena teman kita jahat membully, tapi karena kita terlalu menutup diri dan terlalu close minded ... moga membantu :)

      Hapus
  3. Kalo lu SMA dan lu dibully lu bisa pake cara yang udah gw sampein, tapi menurut gw SMA udah jarang pembully sih,lebih berat lagi waktu lu kuliah karena disana nggak ada pembully tapi guru dosen yang bakal Lo benci dan dosen yang bakalan juga benci lu dan saran terakhir kalo lu mau kuliah jangan sampai lupa benci dosen lu, deketin dosen, kerumah dosen buat ngobrol dan bawain Jajan. thats all

    BalasHapus
  4. Saya punya guru yang setiap kali saya maju kedepan saya selalu dimarahi,padahal saya sudah mengerjakan tugas dari beliau,sedangkan yg lain yg tugasnya tidak dikerjakan dibiarkan begitu saja .gak adil

    BalasHapus
  5. Masalahnya ini guru kok judesnya ke gw doang gitu nih ya masa pas gw ditanyain kenapa gak berangkat tuh mukanya judes banget dah, soalnya gw lagi sakit2an jadi sering izin tapi dia kek gk maklumin gitu lah temen gw pas ditanya gak berangkat kenapa temen gw jawab "ada kendala" guru gw cuma senyum2 bak bercandaan sakit hati gak tuh bro. Ada lagi neh guru gw kan harusin nyatet di buku khusus lah gw kan nyatet di buku catetan (sementara doang) pas itu lupa gw pindah ke buku khusus lah gw dijudesin dong. Masa temen cewe gw pas kayak gw malah dibilang "walah berarti kamu nulis dua kali" astagfirullah kenapa gw gk pernah dibaik2in gitu loh. Kayaknya gara2 gw ketauan main hp dikelas deh (lagi buka kbbi) gw ini lagi apes aja, temen2 gw yg pada buka hp ya gk ketauan sih. Please orang yang lebih tua gk selalu benar tapi ini guru gw 30an keknya. Pingin sumpah marahin guru. Maap curhat abis saya malu curhat ke temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Note nih saya udah berusaha jawab pertanyaan2 guru gw dengan bener dan cepet gitu tapi nih guru gk berubah ke gw (gw ampe ngerjain soal2 yg belum dibahas demi jawab bener gan). Bukannya gw banding2kan ya tapi beberapa temen gw entah cowo apa cewe jawabnya lama plus gelagapan ya gak dimarahin apa dijudesin. Ini gw baru nemu guru kayak gini selama hidup gw. (Ngomong2 gw anak gap year ye jadi gw les gitu bukan sekolah) demi univ and jurusan tebaik cuy ikut do'ain yak

      Hapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)