Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan


Seperti yang kita ketahui, otak manusia terbagi jadi 2 bagian : otak kiri dan otak kanan. Kedua belah pihak otak ini punya fungsi masing masing dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Inilah kebesaran Allah SWT yang bisa membuat benda serumit otak kita. Ok deh,saya akan bahas satu persatu fungsi dari masing-masing otak.


Otak kiri berfungsi sebagai kecerdasan analitik seseorang. Otak kiri lebih cenderung mengarah ke sesuatu yang sistematis dan matematis. Otak kiri bekerja sangat rapih,berguna untuk mengerjakan sesuatu yang berbau logika. Otak kiri sangat berfungsi untuk para ilmuwan atau profesi yang memerlukan kecerdasan logika lainnya.Dengan aktifnya otak kiri, maka anda akan menjadi seseorang yang sangat cerdas.

Tetapi hati-hati, orang yang terlalu cenderung ke arah otak kiri juga tidak baik. Akan terjadi sebuah ketidakseimbangan. Inilah yang saya alami semasa di sekolah dasar. Saya begitu cerdas, terlihat begitu jenius,dan terlihat begitu tidak kreatif.


Otak kanan adalah kebalikan dari otak kiri. Otak kanan berfungsi sebagai kecerdasan kreativitas seseorang. Otak kanan bekerja secara abstrak, berguna untuk menciptakan sesuatu yang baru, unik, dan terlihat indah. Otak kanan sangat berfungsi untuk para seniman atau profesi yang memerlukan kecerdasan kreativitas yang lainnya. Dengan aktifnya otak kanan, maka anda akan menjadi seseorang yang sangat kreatif yang bisa menghasilkan ide-ide baru yang fantastis dan menarik.

Tetapi hati hati juga, orang yang terlalu cernderung ke arah otak kanan juga tidak baik. Akan terjadi sebuah ketidakseimbangan. Inilah yang saya alami semasa di sekolah menengah pertama. Saya begitu kreatif, saya membuat banyak lagu, saya membuat banyak karya sastra,dan alhasil saya mendapat nilai terburuk sepanjang tahun karena kecerdasan otak kiri saya yang tiba-tiba menurun drastis.

Pada intinya,kedua belah otak manusia memiliki fungsi yang berbeda. Akan tetapi kita harus bisa menyeimbangkan keduanya menjadi sebuah kesatuan. Memang sulit, tetapi cobalah!

semoga bermanfaat  :)

Komentar