Memilih OS Untuk Recording


Pada kali ini saya akan melanjutkan postingan saya yang sebelumnya tentang membangun komputer murah untuk recording. Anda yang telah membeli komputer biasanya akan diberi OS ( sistem operasi ) windows. Padahal sebenarnya ada 3 OS terkenal yang bisa kita gunakan untuk kepentingan recording. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Anda hanya tinggal memilih mana yang sekiranya cocok untuk anda.


1.MacOS


 Sistem operasi besutan apple yang satu ini memang telah menjadi sorotan dunia karena teknologi dan kecanggihannya yang luar biasa.

+ Sistem operasi yang satu ini  benar-benar sempurna dan lebih dari cukup untuk rekaman.

- Harganya yang kurang cocok untuk dompet masyarakat Indonesia menjadi nilai minus.

2.Windows


Seperti yang saya katakan, biasanya orang yang baru saja membeli komputer akan disuguhi oleh sistem operasi windows.

+ Sistem operasi windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan masyarakat dunia dan telah menjadi sistem operasi yang umum.
+ Sistem operasi windows mudah dipelajari
+ Banyak sekali software audio yang bagus
+ Harganya yang tidak begitu mencekik leher
+ Sangat user friendly

- Keamanan, virus, spyware, bluescreen dan berbagai kerusakan lainnya menjadi nilai minus untuk sistem operasi ini.

3.Linux

  
+ Linux adalah sistem operasi yang GRATIS. Anda bisa memakainya sesuka hati anda. Untuk pemula saya sarankan gunakan sistem operasi ini untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan.

- Yang dipermasalahkan adalah software-software audio “open source”  yang menurut saya kurang bagus dan kurang user friendly.


OK,itulah macam-macam sistem operasi yang bisa digunakan untuk recording. Jika mau, silahkan anda mulai dari linux sembari menabung untuk membeli windows (diusahakan jangan beli yang bajakan, tapi semua itu terserah anda  :P  ). Apabila sudah bosan dengan windows dan ingin meningkatkan kualitas musik, silahkan beli macOS yang lebih mahal.

Sekian saran singkat dari saya, semoga bermanfaat, salam sahabat inspiratif !

Komentar