6 Kelebihan Ebook



Maraknya gadget murah berhasil membangun sebuah gaya hidup baru bagi masyarakat Indonesia. Salah satu teknologi yang berhasil mengubah gaya hidup masyarakat adalah teknologi ebook. Ebook adalah digitalisasi dari buku teks. Ya, munculnya teknologi ebook membuat masyarakat semakin mudah mendapatkan hiburan dan ilmu pengetahuan.

Ebook memiliki berbagai kelebihan dibanding buku teks. Mau tahu apa saja kelebihan dari ebook ini?

1. Mudah Dibawa

Ya, ratusan bahkan ribuan ebook dapat disimpan di media penyimpanan ringan seperti kartu memori atau flashdisk tanpa harus membebani Anda. Coba bandingkan dengan buku teks biasa yang masing-masing memiliki bobot yang membuat Anda 'risih' membawanya kemana-mana.

2. Tidak Mudah Rusak

Ya, ebook bukan berupa kumpulan kertas yang sewaktu-waktu bisa rusak. Ebook dapat bertahan lebih lama dengan cara disalin secara terus menerus ke media penyimpanan yang lebih baru.

3. Mudah Didistribusikan

Ebook adalah sebuah buku digital yang berupa data. Itu artinya, kita dapat menyebarkannya dengan mudah dari device yang satu ke device yang lain. Tentu proses pendistribusian ini berbanding terbalik dengan proses pendistribusian buku teks yang cenderung menghabiskan banyak waktu dan menghabiskan banyak biaya.

4. Lebih Murah

Seperti yang sudah saya singgung pada poin nomor 2 dan 3, ebook bukan berupa kumpulan kertas yang proses produksinya memakan banyak tenaga, waktu, dan biaya. Ebook juga mudah didistribusikan. Dengan begitu, harga ebook dapat ditekan seminimal mungkin.

5. Ramah Lingkungan

Kertas berasal dari serat pepohonan. Produksi buku teks membutuhkan banyak kertas yang menyebabkan banyak pohon yang harus ditebang. Tidak hanya itu, proses pendistribusian buku teks menggunakan alat transportasi yang berpartisipasi aktif dalam mencemari udara. Coba bandingkan dengan ebook yang proses produksi dan pendistribusiannya sangat sederhana dan ramah lingkungan.

6. Bisa Dibaca di Tempat Gelap

Ebook berbeda dengan buku teks. Jika buku teks membutuhkan cahaya dari lingkungan agar dapat dibaca dengan jelas, ebook dapat dinikmati kapanpun tanpa harus bergantung pada cahaya lingkungan karena sudah memiliki cahaya sendiri.

 

Tetapi ternyata dibalik berbagai kelebihan itu, ebook juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangannya?
Apabila ada waktu, saya akan buat artikelnya :D

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.