Ingin Menjadi Kutu Buku? Ini Tips Memulainya



"Mas Sayoga, saya tidak begitu suka membaca buku, tetapi saya ingin memulai menjadi kutu buku. Apa yang harus saya persiapkan sekarang?"

Baiklah, karena ada yang bertanya, maka saya akan berikan tips-tipsnya. Langsung saja, ini dia beberapa tips memulai menjadi seorang kutu buku.


Tahap Pertama: Cari Tahu Hal Apa yang Anda Sukai

Seperti yang Anda ketahui, buku terdiri atas 2 tipe:

1. Fiksi

Fiksi merupakan sebuah tulisan yang isinya berupa cerita hasil khayalan atau imajinasi penulis. Fiksi terdiri dari berbagai genre, seperti: romans, horor, misteri, komedi, dan masih banyak lagi.

2. Nonfiksi

Nonfiksi adalah sebuah tulisan yang isinya berupa fakta atau teori nyata. Nonfiksi terdiri dari berbagai genre, seperti: teknologi, kesehatan, politik, dan masih banyak lagi.

Dari penjabaran di atas, pilihlah jenis buku yang Anda sukai.

Anda tidak tahu hal apa yang Anda sukai? Coba perhatikan, acara apa yang sering Anda tonton di televisi. Perhatikan juga film apa yang sering Anda tonton di bioskop. Sebenarnya kebiasaan-kebiasaan Anda pun secara tidak sadar menggambarkan hal apa yang Anda sukai.


Tahap 2: Berbelanja ke Toko Buku

Untuk pemula yang sedang ingin membangun minat baca, saya sarankan untuk tidak meminjam buku ke perpustakaan atau ke kerabat Anda. Masalahnya, ketika meminjam, biasanya ada tenggang waktu yang membuat kita jadi terburu-buru membaca dan tidak bisa benar-benar menikmati isi bacaan.
Lantas buku seperti apa yang harus dibeli?

Pertama, jangan pilih buku yang terlalu tebal. Sebagai pemula, mata Anda belum terlalu kuat membaca tulisan yang terlalu banyak. Pilih buku yang tipis-tipis saja dulu.

Kedua, jangan beli buku terlalu banyak. Cukup beli satu atau dua buku saja. Jika sudah selesai membacanya dan mulai muncul ketertarikan pada membaca, silakan berbelanja kembali ke toko buku.

Ketiga, jika anggaran yang Anda miliki terbatas, Anda boleh berbelanja di pasar buku bekas untuk menekan pengeluaran. Namun ingat, Anda sedang ingin membangun minat baca. Jadi, jangan pilih buku yang penampilannya tidak menarik dan membuat Anda malas membacanya. Carilah buku bekas yang masih terlihat rapi dan kertasnya belum menguning.

Keempat, jika Anda takut salah memilih buku, silakan baca artikel saya tentang tips membeli buku.


Tahap 3: Baca

Untuk pemula, sisihkan waktu satu jam perharinya untuk membaca buku. Saya sarankan untuk membaca buku pada malam hari karena keheningan malam dapat membantu Anda berkonsentrasi pada bacaan Anda.
Jangan lupa, perhatikan cara-cara membaca buku yang sehat agar kesehatan Anda tetap terjaga.


Tahap 4: Koleksi dan Rawat

Sediakan sebuah tempat khusus untuk menyimpan buku. Rawatlah buku-buku yang telah Anda beli dan tata dengan rapi sehingga sedap dipandang mata. Tidak tahu caranya? Silakan baca artikel saya yang berjudul 'Tips Merawat Buku'.

Jika Anda berkenan, Anda juga bisa menyumbangkan buku Anda ke perpustakaan. Lumayan, berbagi ilmu untuk orang lain.

Tahap 5: Tetap Rendah Hati

Ini adalah poin yang paling penting: jangan sombong. Banyak sekali kutu buku yang kerjaannya menceramahi orang lain seolah-olah ilmunya tak terkalahkan. Jangan seperti itu. Tetaplah rendah hati. Gunakan ilmu yang Anda miliki dengan bijaksana. Memang, ilmu harus disebarkan. Tetapi kita harus tahu kapan harus bicara, kapan harus diam. Ingat, berbicara di saat yang tidak tepat akan membuat celotehan Anda tidak didengar.

 

Selamat membaca buku!

5 comments:

  1. super sekali, thank so much mas yoga jadi termotivasi

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.