8 Penyebab Telinga Panas dan Kemerahan

 
Ilustrasi Telinga Panas - Sumber gambar: tinypic.com

Sumber Inspirasi -  Ada satu buah mitos yang cukup populer di Indonesia, yaitu mitos bahwa jika telinga terasa panas, berarti ada orang nan jauh di sana yang sedang membicarakan kita. Benarkah?

Meskipun mitos itu dipercaya banyak orang, tetapi alangkah baiknya jika kita tidak asal setuju. Kita harus lebih kritis menanggapi suatu cerita masyarakat yang meragukan.

Sebenarnya, tidak ada keterkaitan antara pembicaraan orang lain, dengan telinga kita. Ya, manusia tidak memiliki radar yang dapat mendeteksi orang-orang yang sedang membicarakan dirinya. Namun sebenarnya ada beberapa alasan logis yang menjadi penyebab terjadinya telinga panas.

1. Alergi




Anda bisa saja alergi pada suatu cuaca, pada suatu makanan, atau pada suatu wewangian. Apabila alergi Anda terpicu, secara otomatis otak akan memunculkan rasa terkejut yang berdampak pada melebarnya pembuluh darah, bertambahnya suhu tubuh, dan bertambahnya kecepatan aliran darah dalam tubuh.

Lalu mengapa telinga yang paling terasa panas? Hal ini disebabkan karena telinga merupakan bagian tubuh dengan tulang lunak yang tipis dan kulit yang tipis. Sehingga apabila terjadi sentakan aliran darah, dengan cepat telinga akan memerah dan memanas.

2. Panas Matahari

Panas matahari juga dapat menyebabkan melebarnya pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, maka aliran darah pun akan meningkat. Sama seperti poin nomor 1, bagian tubuh yang paling pertama terasa reaksinya adalah telinga.

3. Reaksi Obat

Bagi Anda penderita darah tinggi, ada beberapa jenis obat yang dapat memicu aliran darah penderita darah tinggi menjadi lebih cepat dari biasanya. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab kemunculan gejala telinga panas.

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.