Bahaya Mengonsumsi Cokelat



Beberapa waktu lalu saya pernah menulis sebuah artikel berjudul Manfaat Mengonsumsi Cokelat. Seperti yang kita ketahui, cokelat adalah makanan yang lezat dan kaya manfaat. Akan tetapi, benarkah cokelat adalah makanan yang sepenuhnya bermanfaat?

Cokelat ternyata juga memiliki dampak negatif apabila dikonsumsi di luar batas kewajaran. Apa sajakah dampak negatif tersebut?

1. Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung

Bukankah cokelat memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung? Ya, tetapi manfaat tersebut hanya didapatkan apabila cokelat dikonsumsi sewajarnya. Faktanya, cokelat mengandung lemak dan gula. Lemak menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Sedangkan gula menyebabkan darah mengental. 2 hal ini apabila terjadi pada tubuh kita maka jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Masih sesuai dengan poin nomor 1, terhambatnya sirkulasi darah pada tubuh kita menyebabkan darah memompa lebih kencang dari biasanya. Hal ini menyebabkan tingginya tekanan darah pada seseorang.

3. Menyebabkan Diabetes

Diabetes adalah penyakit gula darah yang disebabkan oleh banyaknya makanan manis yang kita konsumsi. Cokelat mengandung banyak gula yang menyebabkan rasanya menjadi manis. Jadi, apabila cokelat dikonsumsi melebihi batas kewajaran, cokelat dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

4. Menyebabkan Obesitas

Cokelat mengandung lemak dengan kadar yang cukup tinggi. Inilah yang menjadi dasar pemikiran mengapa mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan kegemukan pada seseorang.


Sebenarnya masih banyak lagi dampak negatif dari makanan yang kaya akan gula dan lemak ini. Namun yang saya jelaskan di atas adalah beberapa dampak yang paling umum saja. Semoga dapat membuat Anda paham betapa pentingnya membatasi makanan yang kita konsumsi, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar