Mengapa Membaca Buku Bisa Mencegah Kepikunan?




Pada artikel saya yang berjudul ‘8 Manfaat Membaca BukuNonfiksi’, ada satu pertanyaan yang muncul,

“Mengapa membaca buku dapat mencegah kepikunan? Apa hubungannya?”

Pertanyaan yang sama juga sempat saya lontarkan beberapa bulan yang lalu. Namun, setelah membaca beberapa buku tentang otak, akhirnya saya paham tentang korelasi antara membaca buku dengan otak kita. Dan sekarang, saya akan menjelaskannya kepada Anda.

Otak kita tersusun atas serabut-serabut yang bernama neuron. Neuron ini berfungsi untuk mengantarkan informasi yang akan keluar-masuk otak.

Ketika tidak ada informasi yang harus diantarkan, neuron ini akan melemah. Dan lama kelamaan, neuron ini akan putus satu persatu. Sebaliknya, ketika neuron ini disusupi banyak informasi, otak kita akan berpikir bahwa neuron harus ditambah lagi jumlahnya. Maka, akan dibentuk lagi jaringan-jaringan neuron yang baru.

Sekarang bayangkan, apa yang terjadi apabila jumlah neuron di otak Anda lebih sedikit ketimbang orang lain? Ya, Anda akan sulit menerima informasi, dan Anda akan sulit mengambil informasi dari otak (mengingat). Intinya, Anda mengalami kepikunan.

Sekarang bayangkan, apa yang terjadi apabila jumlah neuron di otak Anda lebih banyak ketimbang orang lain? Ya, Anda akan lebih mudah menerima informasi, dan Anda akan lebih mudah mengambil informasi dari otak (mengingat). Intinya, Anda mengalami peningkatan kemampuan otak.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kemampuan otak Anda dan ingin mencegah kepikunan, apa yang harus Anda lakukan? Jaga agar neuron-neuron di otak Anda tidak putus setiap harinya. Bagaimana caranya? Masukkan informasi secara terus menerus ke dalam otak Anda. Salah satu caranya adalah membaca buku. Buku apa saja. Termasuk buku fiksi.

Sudah paham? Jika belum, silakan baca ulang artikel ini hingga benar-benar paham :D

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.